Home » » KARANGAN

KARANGAN

KARANGAN

KARANGAN
Langkah-langkah dalm menyusun karangan adalah:
(1) menentukan topik karangan
(2) mentukan tema
(3) membuat kerangka karangan
(4) Mengumpulkan bahan
(5) mengembangkan kerangka karangan

Jenis-jenis karangan:
1. Karangan narasi adalah Karangan yang isinya berupa rangkaian peristiwa yang berlangsung pada waktu tertentu. Karangan narasi biasanya berupa:
laporan perjalanan, kisah biografi, atau autobiografi. Narasi imajinatif contohnya: cerpen, novel, atau cerita bersambung.

2. Karangan deskripsi ialah karangan yang berisi gambaran suatu objek sebagai hasil pengamatan penulisannya dan dijelaskan secara objektif agar pembaca dapat merasakan citraan terhadap objek sebagaimana penulisanya. Contoh karangan deskripsi, yaitu deskripsi tempat, deskripsi orang, dan deskripsi suasana.

3. Karangan eksposisi ialah karangan yang memaparkan serta menjelaskan tentang suatu hal. Tujuannya agar pembaca bertambah wawasan dan pengetahuan. Contoh tulisan eksposisi, yaitu tulisan tentang cara merawat wajah, langkah-langkah membaca efektif.

4. Karangan argumentasi ialah tulisna atau karangan yang berisi pendapat pengarang mengenai suatu hal dengan disertai berbagai alasan serta bukti-bukti pendukung yang masuk akal. Contoh jenis karangan argumentasi ialah tajuk rencana, artikel, karangan ilmiah, dan sebagaian.

5. Karangan persuasif ialah karangan yang isinya mengajak, membujuk,menghimbau, atau memengaruhi pembaca agar melakukan tindakan sesuai dengan yang diharapkan penulisan.Jenis karangan persuasif dapat dilihat pada tulisan yang bersifat progpaganda, Iklan, dan sebagainya.

0 comments:

Post a Comment